Penerapan 3 R ( Reduce, Re-use, Recycle )

Limbah cair yang dihasilkan pada waktu produksi diolah melalui proses IPAL dengan menggunakan system Lumpur aktif . Dan air yang dihasilkan selanjutnya dapat di pergunakan kembali pada proses poduksi.

Pengelolaan Limbah

Setiap 1 bulan sekali PT. Batanghari selalu menguji baku mutu limbah cair ke laboratorium yang terakreditasi dan tidak pernah melebihi ambang batas baku mutu sesuai dengan SK MenLH No.51/1991 & SK Gubernur No 92 tahun 2001  semua hasil pemantauan, catatan pemakaian air tersimpan  dengan baik.

Limbah padat digunakan untuk menimbun areal yang rendah di sekitar Pabrik dan juga sangat bermanfaat bagi penghijauan karena dapat dijadikan sebagai pupuk organik yang baik untuk media tanam dan pertumbuhan tanaman.

Penanganan limbah B3 sepeti Oli bekas, Bola lampu, kain majun, Minyak bekas dan Accu bekas akan di simpan di tempat penyimpanan sementara yang dibuat lokasi khusus . Pengangkutan dan pengumpulan dilakukan oleh PT. Primanru jaya yang mempunyai izin untuk mengangakut & mengumpulkan Limbah B3 sesuai ketentuan PP No.18/1999.

Pengelolaan Limbah

2.470 gagasan untuk “Pengelolaan Limbah